5 Makanan yang Bisa Memutihkan Gigi Secara Alami

Memiliki gigi bersih dan putih alami dapat didapat tidak hanya dari rajin menyikat gigi namun juga dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, seperti buah-buahan segar.

Menggunakan cara yang mahal tentu akan menguras pengeluaran dan juga memiliki efek samping yang berbeda-beda pada setiap individu.

Keinginan untuk cepat mendapatkan gigi putih tentu sangat didambakan.

Oleh karena itu, ada beberapa makanan yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami dan bertahap seperti buah-buahan yang mungkin sering dijumpai.

StroberiKandungan asam malat yang terdapat pada stroberi memiliki manfaat untuk memutihkan gigi yang bernoda.

Asam malat juga bisa meningkatkan produksi air liur pada saat mulut sedang kering.

Air liur bermanfaat untuk melindungi gigi dari kerusakan dan perubahan warna gigi.

SemangkaMemiliki kandungan asam malat yang sama dengan stroberi, menurut beberapa orang serat yang terdapat pada semangka juga bisa digunakan untuk menyikat gigi, yang dapat membantu menghilangkan noda namun hal ini belum dibuktikan secara ilmiah.

NanasKandungan enzim proteolitik yang ada pada nanas mampu meluluhkan pelikel, di mana lapisan yang melindungi gigi menyebabkan bakteri yang bisa menumpuk jika tidak dibersihkan, sekaligus menyerap pigmen dari makanan.

Nanas dapat memecah warna makanan yang ada pada gigi secara alami.

PepayaEnzim papain yang ada pada buah pepaya memiliki manfaat untuk memecahkan protein yang mendegradasi lapisan pelikel untuk mengurangi noda dan melindungi dari penumpukan plak gigi.

SusuAsam laktat pada susu juga memperbaiki enamel gigi dan bisa merangsang air liur untuk membersihkan rongga gigi dari bakteri.

Kandungan kasein yang ada pada susu juga bisa membantu mengurangi perubahan warna pada gigi, yang dapat merangsang kalsium fosfat memperbaiki gigi berlubang dan mencegah plak gigi.

Studi tahun 2014 di Trusted Source menemukan kasein yang terdapat pada teh bisa mencegah tanin menempel pada gigi dan perubahan warna.

WIBI PUTRI R.

| Healthline – 5 Foods That

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *