Daftar Pemecah Rekor Transfer Pemain di Manchester United

banner mufc agustus1

Berita MUFC – Harga transfer pemain di era sekarang memang berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Manchester United sudah berulang kali memecahkan rekor transfer mereka sendiri untuk merekrut pemain yang mereka butuhkan.


PERHATIAN! Kami telah mendeteksi adanya pelanggaran pidana Hak Cipta berupa pemuatan artikel kami di situs lain tanpa penulisan sumber yang lengkap serta penerapan kaidah yang diperbolehkan secara hukum. Setiap pelanggaran akan kami tuntut sesuai UU No 28 Tahun 2014 Pasal 113 dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda 4 miliar rupiah.


Berikut adalah para pemecah rekor transfer United setelah era Perang Dunia selesai:

Denis Law (1962)

Setelah era Perang dunia, Sir Matt Busby memang banyak mengorbitkan pemain muda tanpa banyak melakukan pembelian mahal buat United. Namun tahun 1962, United memecahkan rekor transfer pemain di Inggris dengan merekrut Denis Law dengan harga  £110,000 dari Torino. Bayaran yang mahal (saat itu) membuahkan hasil lewat gol-gol Law yang menandai bangkitnya United pasca tragedi Munich 1958 dan meraih kejayaan di era 1960-an. Harga transfer tersebu sempat disamai oleh transfer Willie Morgan dari Burnley pada tahun 1968.

Martin Buchan (1972)

Transfer Law pecah ketika United melakukan rekrutan pemain-pemain di tahun 1972. Martin Buchan memecahkan rekor transfer Law di bulan Februari dengan nilai transfer sebesar £125,000 dari Aberdeen.

Ian Strorey-Moore (1972)

Martin Buchan hanya bertahan beberapa minggu sebagai pemain termahal United. Ian Strorey-Moore dari Nottingham Forest memecahkan kembali transfer pemain dengan harga £200,000. Jumlah ini disamai oleh Lou Macari dari Glasgow Celtic di tahun 1973 dan Stuart Pearson dari Hull City pada tahun 1974.

Nikola Jovanovic (1980)

Rekor transfer baru pecah ketika Manchester United merekrut legiun asingnya pada tahun 1980. Nikola Jovanovic direkrut dari Reds Star Belgdare dengan transfer sebesar £350,000 walau ketika itu United dalam masa krisis gelar.

Frank Stapleton (1981)

Kebutuhan mencari penyerang membuat United harus kembali memecahkan rekor transfer mereka sendiri. Kali ini penyerang Arsenal, Frank Stapleton mereka rekrut dengan harga £900,000 pada bulan Agustus 1981.

Bryan Robson (1981)

Selang dua bulan, United kali ini memecahkan rekor Inggris dengan merekrut Bryan Robson dari W.B.A. Harga £1,5 Juta untuk pertama kalinya keluar di transfer klub Inggris pada era ini.

Mark Hughes (1988)

Transfer Robson bertahan hingga 7 tahun hingga Alex Ferguson pada tahun 1988 mengeluarkan uang untuk membawa pulang kembali Mark Hughes dari Barcelona. Uang sebesar £1,8 Juta membuat Mark Hughes menjadi termahal di United ketika itu.

Gary Pallister (1989)

Rekor Mark Hughes pecah justru bukan dari gelandang atau penyerang melainkan pemain belakang Gary Pallister. Dengan harga £2,3 Juta, Pallister direkrut dari Middlesbrough dan menjadi pemain belakang termahal ketika itu.

Roy Keane (1993)

Bertahan beberapa tahun, United akhirnya memecahkan transfer Inggris dengan membajak Roy Keane dari Nottingham Forest setelah sebelumnya hampir bergabung dengan Liverpool. Harga £3,71 Juta dikeluarkan United merekrut calon pengganti Bryan Robson tersebut.

Andy Cole (1995)

Januari 1995, tak tanggung-tanggung United mengeluarkan uang dua kali lipat untuk merekrut Andy Cole dari Newcastle United. £6 Juta plus Ketih Gillespie yang dikisar harganya sebesar £1 Juta membuat total harga Cole sebesar £7 Juta dan menjadi pemain termahal di Inggris raya bahkan sempat di dunia sebelum dipecahkan Lentini di AC Milan.

 

Jaap Stam (1998)

Kebutuhan pemain belakang membawa Alex Ferguson merekrut Jaap Stam dari PSV Eindhoven. Uang sebesar £10,75 Juta membuat dia menjadi pemain belakang termahal dunia sebelum dipecahkan Lilian Thuram dari Parma ke Juventus.

Dwight Yorke (1998)

Selang sebulan rekor transfer United kembali pecah dengan mendatangkan Dwight Yorke dari Aston Villa. Dengan £12,6 Juta pemain tersebut datang dan membawa kesuksesan treble Winners tahun 1999.

Ruud van Nistelrooy (2001)

Rekor Yorke terlampaui setelah United merekrut mesin gol PSV Eindhoven, Ruud van Nistelrooy dengan £19 Juta. Dengan gol-golnya, United pun tak merasa rugi mengeluarkan uang sebesar itu.

Juan Sebastian Veron (2001)

Selang 3 minggu rekor Ruud van Nstelrooy langsung terhapuskan dengan datangnya Juan Sebastian Veron dari Lazio, £28, 1 Juta membuat Veron menjadi pemain termahal di Inggris di era millenium awal.

Rio Ferdinand (2002)

Setahun kemudian Rio Ferdinand menyabet sebagai pemain termahal United sekalgus sebagai pemain belakang termahal dunia. Dengan £30 Juta Sir Alex Ferguson cukup puas mengingat lamanya dia bermain untuk United.

Dmitar Berbatov (2008)

Rekor Ferdinand bertahan cukup lama sampai akhirnya United mengeluarkan uang sebesar £30,75 Juta buat mendatangkan Dmitar Berbatov dari Tottenham Hotspur. Berbatov juga menjadi pemain termahal Sir Alex selama menangani United.

Juan Mata (2014)

Minimnya prestasi United setelah Sir Alex pensiun membuat United harus mengeluarkan uang besar untuk merekrut pemain. David Moyes kemudian merekrut Juan Mata dari Chelsea dan memecahkan rekor Berbatov dengan harga £37,1 Juta.

Angel Di Maria (2014)

Beberapa bulan kemudian, pengganti David Moyes, Louis van Gaal kembali memecahkan rekor transfer dengan merekrut gelandang asal Argentina, Angel Di Maria dengan harga £59,7 Juta. Di Maria ketika itu menjadi pemain termahal di Inggris walau hanya bertahan setahun di United.

Paul Pogba (2016)

Musim lalu United telah memecahkan rekor dunia dengan membawa pulang Paul Pogba dengan harga selangit. £92.25 Juta mereka keluarkan untuk gelandang asal Perancis yang pergi dari United pada tahun 2013 secara gratis.

Apakah musim ini akan ada yang memecahkan rekor transfer United lagi?

Tunggu berita lainnya hanya di beritamufc.com. (Uck)

Sumber gambar http://www.sportsmole.co.uk

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com