Dua Keunggulan Jose Mourinho Dibanding Sir Alex Ferguson

BeritaMUFC.com Jose Mourinho di musim ini tampak terlalu merendah jika dirinya dihubung-hubungkan dengan sejarah Manchester United, namun setelah berakhirnya musim kompetisi ini, dia pantas berbangga.


PERHATIAN! Kami telah mendeteksi adanya pelanggaran pidana Hak Cipta berupa pemuatan artikel kami di situs lain tanpa penulisan sumber yang lengkap serta penerapan kaidah yang diperbolehkan secara hukum. Setiap pelanggaran akan kami tuntut sesuai UU No 28 Tahun 2014 Pasal 113 dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda 4 miliar rupiah.


Setidaknya ada dua hal yang membuat dirinya unggul dari Sir Alex Ferguson masalah prestasi. Tak bisa disangkal lagi, prestasi Sir Alex Ferguson memang mungkin unggul dengan jumlah sederet gelar selama dia 27 tahun menangani United.

Gelar 13 Premier League, 2 Liga Champions, 5 Piala FA, 4 Piala Liga, 10 Community Shield, 1 Piala Winners, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Interconintal, dan 1 Piala Dunia antar klub merupakan sederet prestasi Sir Alex Ferguson. Namun perlu diingat, Sir Alex memerlukan waktu tahun ke-4 nya bersama United untuk meraih gelar pertamanya, yaitu Piala FA 1990. Setelah itu setiap tahun dia memperoleh sukses yang berbeda. Tahun 1991 menjuarai Piala Winners Eropa, Piala Liga tahun 1992 hingga baru menjuarai Premier League tahun 1993.

Meriah Gelar di tahun pertama

Jose Mourinho yang memiliki tugas berat untuk melanjutkan perjuangan David Moyes dan Louis van Gaal harus bekerja keras untuk membawa United kembali menemukan mental juara. Sama halnya dengan ketika ditangani Sir Alex, Mourinho juga tak bisa langsung membawa United menjuarai Premier League. Sir Alex Bahkan baru menjuarai Premier League tahun 1993 di mana dia menangani United 7 musim kompetisi.

Setelah Sir Alex pensiun, memang United seperti kembali dari awal. Mereka baru meraih gelar (di luar Communty Shield 2014) tiga musim ketiga Louis van Gaal membawa United menjuarai Piala FA 2016 sebelum dirinya dipecat. Jose Mourinho akhirnya melanjutkan perjuangan Louis van Gaal dan dia langsung mengikuti jejak Sir Alex Ferguson. Bedanya Sir Alex Ferguson memperoleh Community Shield, Piala Eropa kasta kedua, dan Piala Liga selama 2 tahun (1991-1992), dan Mourinho memperoleh tiga gelar itu selama semusim pertamanya bersama United. Itulah keunggulan Mourinho pertama dari Sir Alex Ferguson.

Membawa United Juara Liga Eropa

Keunggulan yang kedua adalah, Sir Alex Ferguson tak pernah membawa United menjuarai Piala UEFA Eropa yang sekarang dikenal dengan Liga Eropa. Dia hanya membawa Piala Winners (ketita itu Piala UEFA menjadi kasta ketiga antar klub Eropa) dan lebih fokus mengejar Liga Champions. Hanya 3 tahun United berlaga di Piala UEFA dan Liga Eropa di tangan Sir Alex, yaitu pada tahun 1992/1993, tahun 1995/1996, dan tahun 2011/2012 ketika mereka tersingkir di peringkat 3 grup Liga Champions. Namun tak sekalipun United meraih gelar tersebut. Baru Jose Mourinho yang menjadi manajer pertama membawa United menjuarai Liga Eropa setelah semalam mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 di final.

Melihat jalan suksesnya, tak heran jika Sir Alex Ferguson menyanjung Jose Mourinho dan mengatakan bahwa United berada di jalur yang tepat walau gagal di Premier League.

Tunggu berita lainnya hanya di beritamufc.com. (Uck)

Sumber gambar http://www.mirror.co.uk

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com