Eks MU (4): Frank Stapleton, Dari Pembunuh MU Menjadi Pahlawan Old Trafford

Berita MUFC – Sebelum bergabung bersama United Frank Stapleton memperkuat Arsenal. Selama tujuh tahun bersama Arsenal pemain Republik Irlandia ini sukses menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal di tahun 70-an.


PERHATIAN! Kami telah mendeteksi adanya pelanggaran pidana Hak Cipta berupa pemuatan artikel kami di situs lain tanpa penulisan sumber yang lengkap serta penerapan kaidah yang diperbolehkan secara hukum. Setiap pelanggaran akan kami tuntut sesuai UU No 28 Tahun 2014 Pasal 113 dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda 4 miliar rupiah.  


Di tahun 1979  dia mencetak satu gol di final FA Cup dan membawa Arsenal menang 3-2 atas United. Rekor golnya yang bagus membuat United menggaetnya dengan harga transfer sebesar £ 900,000. Kehadirannya membuat lini depan United semakin tajam.

Stapleton bahu membahu dengan striker muda United Mark Hughes dan Norman Whiteside yang ketika itu baru saja muncul dari akademi. Hasilnya dia sukses membawa United meraih juara FA Cup dan mencetak gol ke gawang Brighton di partai final. Gol tersebut membuat dirinya menjadi pemain pertama yang mencetak gol di final FA Cup dengan dua klub yang berbeda.

Tahun 1985 dia kembali membawa United juara kembali di FA Cup. Hengkangnya Mark Hughes ke Barcelona membuat dirinya menjadi pilihan pertama untuk mendampingi striker baru, Peter Davenport pada awal tahun 1986-1987. Kehadiran Ferguson membuat posisinya sedikit demi sedikit semakin tersingkir. Ferguson ketika itu lebih memilih memasang duet Peter Davenport dan Norman Whiteside yang lebih banyak mencetak gol. Setelah diakhir musim dia memastikan untuk hengkang ke Ajax Amsterdam dengan harga £ 100,000.

Setelah sebentar di Ajax dia dipinjamkan ke Anderlect kemudian kembali ke Inggris bersama Derby County. Dia kemudian berpindah-pindah klub dari Blackburn Rovers, Aldershot, Huddersfield, Bradford, dan Brighton & Hove Albion sebelum gantung sepatu di tahun 1995. Ketika memperkuat Bradford dia menjadi Manajer Players dan dilanjutkan menjadai manajer di New England Revolution di tahun 1996.

Sir Alex sendiri sempat mengatakan di buku Autobiografinya bahwa Stapleton adalah striker yang bagus namun tak sesuai dengan rancangan tim yang hendak dibangunnya. Ketika itu Alex Ferguson kemudian memilih untuk merekrut Brian McClair untuk menggantikan posisinya.

.Tunggu berita Manchester United lainnya hanya di beritamufc.com. (Uck)

Sumber gambar https://www.gettyimages.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com