Eks MU (9): Kevin Moran, Pencetak Sejarah Di Final Piala FA

Berita MUFC – Kevin Moran adalah bek tengah Manchester United di era 1980-an. Dia tercatat sebagai pemain pertama yang terkena kartu merah di final Piala FA pada tahun 1985.


PERHATIAN! Kami telah mendeteksi adanya pelanggaran pidana Hak Cipta berupa pemuatan artikel kami di situs lain tanpa penulisan sumber yang lengkap serta penerapan kaidah yang diperbolehkan secara hukum. Setiap pelanggaran akan kami tuntut sesuai UU No 28 Tahun 2014 Pasal 113 dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda 4 miliar rupiah.


Kevin Moran lahir pada tahun 1956  di Dublin. Dia masa junior dia sempat berpindah-pindah klub, hanya di Bohemains sekali dia bermain dengan tim senior ketika berusia 18 tahun di tahun 1975 sebelum dia pindah ke tim universitas UCD dan Pegasus.

Tahun 1978 bakatnya ditemukan oleh pemandu bakat United, Billy Behan yang memberi laporan kepada manajer United ketika itu, Dave Sexton. Februari 1978 Moran pun resmi bergabung dengan United dan mulai debut di tim senior pada 20 April 1979 melawan Southampton.

Pergantian manajer dari Dave Sexton ke Ron Atkinson mengubah nasibnya. Dia menjadi pemain inti United di lini belakang dan sukses. Walau postur tubuhnya tidak tinggi, namun dia menjadi pemain belakang dengan jago di udara dan cerdas dalam memtong serangan lawan.

Dia sukses membawa United meraih Piala FA pada tahun 1983 dan 1985. Pada tahun 1985, dia harus menelan kenyataan pahit ketika mendapat kartu merah di partai final Piala FA melawan Everton akibat mengganjal Peter Reid. Untunglah United tetap menang di pertandingan itu berkat gol tunggal Norman Whiteside.

Masuknya Alex Ferguson di tahun 1986 awalnya tak mengubah posisinya. Bahkan ketika Ferguson merekrut Steve Bruce, posisinya tak tergusur, malah rekannya Paul McGrath yang dibatasi permainannya. Hanya saja usia 31 tahun ketika itu membuat dirinya tak masuk dalam proyek jangka panjang Ferguson.

Dalam buku biografinya, Fergie sempat mengomentari Kevin Moran bahwa dia pemain yang kerap mengalami bocor di kepalanya karena seringnya dia menunyundul bola di udara maupun kepala pemain lawan. Setelah 10 tahun bersama United, Moran meninggalkan Old Trafford pada saat berusia 32 tahun di musim panas 1988.

Dia ditransfer ke Sporting Gijón, di mana dia bertahan selama dua musim, membuat 33 penampilan tanpa mencetak gol. Setelah tiu dia kembali ke Inggris dan bergabung dengan Blackburn Rovers. Dia sukses memipin rekan-rekannya sebagai kapten Blackburn dan membawa Blackburn di posisi ke-4 pada musim 1992/1993 dan runner up pada musim 1993/1994 di bawah United sebelum dia memutuskan gantung sepatu pada tahun 1994.

..Tunggu berita Manchester United lainnya hanya di beritamufc.com. (Uck)

Sumber gambar https://www.gettyimages.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com