The Legend of Eric Cantona (7): Dampak Kehadiran ‘Sang Seniman Lapangan Hijau’ buat MU

BeritaMUFC.com  Alex Ferguson sangat senang berhasil mendatangkan pemain penting sepanjang karirnya bersama MU. Walau banyak yang memprediksi karakter Scotlandia dan Perancis tak mungkin bisa dijadikan satu, rupanya Fergie memiliki pandangan lain.


PERHATIAN! Kami telah mendeteksi adanya pelanggaran pidana Hak Cipta berupa pemuatan artikel kami di situs lain tanpa penulisan sumber yang lengkap serta penerapan kaidah yang diperbolehkan secara hukum. Setiap pelanggaran akan kami tuntut sesuai UU No 28 Tahun 2014 Pasal 113 dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda 4 miliar rupiah.  


“Ini akan menjadi perjanjian perdamaian baru untuk Perancis dan Scotlandia” kata Fergie sambil bercanda.

Eric Cantona memang langsung mendapatkan perlakuan spesial dari Fergie. Banyak aturan-aturan dilonggarkan khusus untuknya yang awalnya membuat pemain MU lain merasa iri dengan perlakukan spesial itu. Tapi Fergie bisa meredam kondisi pemain lainnya dengan ketegasannya.

“Jika kalian juga ingin mendapatkan perlakuan spesial, bermainlah sebaik dia” kata Fergie menanggapi keluhan para pemain yang diwakilkan wakil kapten mereka ketika itu, Steve Bruce.

Para pemain MU lain jelas tak bisa mengikuti saran Fergie. Mereka tahu sebagus apa Eric Cantona. Para pemain pun akhirnya tak mempermasalahkan perlakukan spesial tersebut. Mereka justru kagum dengan karakter dan permainan Eric Cantona di latihan. Para pemain muda termasuk Lee Sharpe dan Ryan Giggs pun kini punya satu sosok lagi yang bisa membuat mereka kagum di klub tersebut.

Dampak kehadiran Eric Cantona mulai terasa. Di debut kompetitifnya, dia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua pada tanggal 6 Desember 1992 menghadapi Manchester City dan mengenakan nomor 12. Ketika debut mungkin belum terlihat jelas dampak kehadirannya walau MU ketika itu menang 2-1. Namun dia mulai kelihatan ketika mencetak gol pertamanya buat MU ketika bermain imbang 1-1 dengan Chelsea pada tanggal 19 Desember 1992.

Pemain yang mempunyai ciri khusus menaikkan kerah setiap tampil itu menjelma menjadi pujaan publik Old Trafford. Masalah ciri khasnya itu Eric Cantona berkata;

“Saya memakai jersey seperti biasa. Saat itu hari sangat dingin dan kerah saya tetap naik, jadi saya biarkan seperti itu. Kami menang, jadi itu sudah menjadi kebiasaan saya untuk bermain dengan kerah ke atas.”

Apapun alasannya, ciri khas itu kemudian ditiru oleh banyak anak-anak muda. Bahkan dia menjadi incaran perusahaan-perusahaan kemeja untuk menjadi model iklan dengan kerah dinaikkan. Eric Cantona tak ambil pusing soal itu. Dia fokus untuk menikmati permainannya di lapangan. Hanya saja ada kasus yang tak mengenakkan ketika MU bertemu mantan klubnya di Leeds United di Elland Road.

Usai pertandingan di mana untuk pertama kalinya dia bermain di Elland Road, dia dilaporkan oleh pendukung Leeds ke kepolisian dengan tuduhan meludahi fans Leeds United. FA pun bereaksi dengan memberikan hukuman dua pertandingan dan didenda £1.000 oleh FA. Inilah bedanya di klub-klub sebelumnya. Jika dulu dia mendapatkan sanksi seperti ini, klub-klub yang dibelanya akan lepas tangan dan cenderung menyudutkannya. Namun di MU, klub membela mati-matian pemainnya dan justru mendukungnya. Itu yang membuat Cantona sangan mencintai klub ini.

Setelah itu aksi-aksi, gol, dan umpannya membuat MU yang sebelumnya poinnya tertinggal jauh dengan Aston Villa, Blackburn Rovers, Norwich City, dan Quens Park Rangers secara perlahan mulai naik dan melewati mereka semua. MU akhirnya dibawanya menjuarai Liga tertinggi di Inggris setelah 26 tahun mereka tak pernah menjuarainya.

Sejak Cantona bergabung, MU hanya kalah 2 kali. Dia sendiri tampil 23 pertandingan dan mencetak 9 gol bersama MU. Dia menjadi pemain pertama yang membawa timnya menjadi juara dua kali dengan klub berbeda dua tahun berturut-turut. Walau sudah membawa juara Liga di musim pertamanya, Eric Cantona belum puas. Dia ingin terus membawa MU mencapai kesuksesan di musim-musim mendatang. (Uck)

Bersambung bagian 8

Sumber gambar: therepublikofmancunia.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com