Mason Greenwood, The New Rashford atau James Wilson?

Berita MUFC – Akademi Manchester United tak pernah ada habisnya. Sejak era Busby Babes, Fergie Fledgling, dan di antara dan sesudah itu terus lahir bintang dari situ.


PERHATIAN! Kami telah mendeteksi adanya pelanggaran pidana Hak Cipta berupa pemuatan artikel kami di situs lain tanpa penulisan sumber yang lengkap serta penerapan kaidah yang diperbolehkan secara hukum. Setiap pelanggaran akan kami tuntut sesuai UU No 28 Tahun 2014 Pasal 113 dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda 4 miliar rupiah.  


Duncan Edwards, Bobby Charlton, George Best, Norman Whiteside, Mark Hughes, Lee Sharpe, Ryan Giggs, David Beckham, Paul Scholes, Gary dan Phil Neville, Nicky Butt, Wes Brown, John O’Shea, Darren Fletcher, Johny Evans dan seterusnya, hingga sekarang ada nama Timothy Fosu Mensah, Anderas Pereira, Jesse Lingard, Paul Pogba, Marcus Rashford, dan Scott McTominay.

Nama-nama di atas adalah pemain yang berhasil menembus tim utama. Angkatan sekarang memang mulai bermunculan bintang baru di akademi. Angel Gomes masih belum menghilang bersama Tahith Chong, kini muncul nama Mason Greenwood, mesin gol baru United walau bermain sebagai gelandang serang.

Lahir 1 Oktober 2001 pemain ini baru promosi dari tim U-16 masuk ke tim U-18 dan hebatnya lagi dia sudah dimasukkan di tim U-19 di Dallas Cup dan menjadi mesin gol tim asuhan Kieran McKenna.

Dia Meraih penghargaan Pemain Terbaik saat dia menjadi pencetak gol terbanyak di piala MIC 2015. Dia sukses mencetak dua dari empat gol United di Piala Premier 2015 di usianya ketita itu masih 13 tahun.

Kini usianya baru 16 tahun, namun dia tak canggung memporak-porandakan pemain-pemain yang berusia dua-tiga tahun di atas usianya. Mencetak gol pada debut starternya di United Under-18 pada Oktober 2017 melawan Everton. Dilanjutkan dengan hat-trick pada starter keduanya melawan Wolves beberapa minggu kemudian. Sebelum di Dallas Cup dia sudah mencetak 14 gol dari 14 pertandingan. Di Dallas Cup sendiri dia sudah mencetak 4 gol dari 3 pertandingan United.

Rekor yang luar biasa membuat dirinya diprediksi akan mengikuti jejak Marcus Rashford untuk menembus tim utama. Namun bisakah dia melakukannya? Melihat rekornya mungkin bisa saja, tapi sepakbola tak semudah itu.

Ingat United sebelum Marcus Rashford datang juga memiliki James Wilson yang mencetak gol dalam debutnya di tim akademi, tim cadangan, dan tim utama, sama halnya dengan Rashford. Tapi kini namanya tenggelam setelah berulangkali pergantian manajer dan cedera yang dialaminya. Debutnya memang di era Ryan Giggs ketika menjadi manajer semetara dan ketika Louis van Gaal masuk dia pun bisa masuk ke dalam tim utama.

Sayangnya ketika itu dia belum siap secara mental dan fisik. Dia melonjak terlalu cepat ke tim cadangan dan tim utama. Penampilannya memang bagus, namun tuntutan sebagai pemain utama yang tinggi membuat dia layu sebelum berkembang lebih jauh lagi. Dia belum sempat memperbaiki staminanya dan begitu dipaksakan dia menjadi rentan cedera.

Kasus berbeda dengan Rashford. Jose Mourinho pada awalnya tak memberikan tekanan padanya dan memberikan mentor pemain berpengalaman seperti Zlatan Ibrahimovic. Perkembangannya diperhitungkan secara matang baik secara fisik maupun mental. Jika Louis van Gaal memperlakukan semua pemain sama, maka Mourinho melakukan pendekatan secara individu pemain seperti yang pernah dilakukan oleh Sir Alex Ferguson.

Untuk Greenwood, mungkin masih butuh waktu untuk masuk ke tim utama, tapi setidaknya dia sudah mulai menarik perhatian manajer dan fans United. Kini sukses di tim U-18 dan U-19 kini dia tinggal lompat ke tim cadangan. Tahap berikutnya dia bisa masuk ke tahap sebagai pemain pinjaman di luar atau masuk ke tim utama semua tergantung perkembangannya.

Tapi tidak semua pemain membutuhkan waktu untuk menjadi bintang di usia muda. Jika Greenwood mau belajar dari para legenda United seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan Ryan Giggs, mereka adalah pemain yang langsung bersinar di usia muda dan sukses bersama tim utama.

Sebagai fans United tentu kebahagian bisa berkali-kali lipat jika United menjuarai Premier League atau Champions League dengan pemain-pemain seperti Axel Tuanzebe, Scott McTominay, Andreas Pereira, Marcus Rashford, Mason Greenwood, Angel Gomes, Demi Mitchell, Tahith Chong, Nishan Burkart, Millen Baars, dan lain-lain.

Tunggu berita Manchester United lainnya hanya di beritamufc.com. (Uck)

Sumber gambar https://www.gettyimages.com/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com