NEWTON HEATH; AWAL SEJARAH MANCHESTER UNITED

BeritaMU_sejarahMU00003

Sekumpulan para karyawan department Carriage dan Wagon tengah melepas rasa lelah bekerja siang dan malam membangun rel kereta api di kota Manchester bagian utara. Untuk menghilangkan rasa jenuh, mereka memutuskan untuk bermain sepakbola di waktu senggang termasuk di antaranya adalah Frederick Attock, seorang insinyur pengawas dari Yorkshire Railway (L&YR) yang merupakan pendukung Liverpool. Tak aka nada yang menyangka bahwa mereka akan menjadi bagian sejarah MU.

Merasa mempunyai prospek yang cerah, Frederick Attock akhirnya mengusulkan untuk membentuk sebuah tim sepakbola dan disetujui oleh perusahaan hingga terbentuklah klub bernama Newton Heath LYR (Lancashire & Yorkshire Railway). Tim didanai oleh perusahaan kereta api untuk membayar sewa lapangan buat kandang pertama mereka di North Road. Di awal musim 1983/1984 permohonan mereka untuk mengikuti kompetisi profesional dikabulkan oleh pihak FA.

BeritaMU_sejarahMU00001

Newton Heath akhirnya terjun ke kompetisi Liga di musim 1888/1889 dengan menjadi salah satu pendiri The Combination, sebuah organisasi tandingan Football League. Sayangnya kompetisi tersebut harus berhenti di tengah jalan karena kekurangan dana. Para pemain dan pendukung Newton Heath LYR tentu kecewa karena prestasi mereka di ajang ini cukup terbilang baik

Akhirnya di musim 1889/1890 untuk pertama kalinya mereka mengontrak sekretaris sekaligus pelatih, yaitu Alfred Harold Albut. Akhirnya kabar baik datang ketika  Football League dan Football Alliance memutuskan bergabung  di musim 1892/1893 sehingga Newton Heath LYR bisa bermain di Divisi 1 Liga Inggris. Newton Heath LYR memutuskan  hubungan formal dengan perusahaan kereta api. Nama LYR pun dibuang hingga menjadi Newton Heath meskipun pemain-pemain mereka masih banyak yang masih berstatus karyawan kereta api. Klub pun menjadi perusahaan murni dengan modal  saham awal £2.000 (£1 perlembar). Newton Heath juga pindah kandang dari North Road ke Bank Street.

BeritaMU_sejarahMU00002

Pada musim pertama mereka di Liga Sepakbola , Newton Heath menempati peringkat juru kunci Divisi Satu namun mereka berhasil lolos degradasi setelah menang Playof menghadapi juara Divisi II Small Heath. Musim 1893/1894, Newton Heath berada di posisi juru kunci selama dua musim berturut-turut. Newton Heath harus mengalami degradasi ke divisi 2 Liga Inggris setelah ditaklukkan Liverpool di babak playoff. Harapan kembali datang pada musim 1896/1897, Newton Heath berhasil mendapatkan jatah playoff setelah berada di peringkat ke-2. Sayangnya mereka harus bertahan di divisi 2 karena kalah menghadapi Bury di pertandingan kedua playoff

Musim 1899-1900, Newton heath mengalami kemunuduran, turun empat peringkat ke peringkat 8 klasemen dan tersingkir di babak pertama Piala FA menghadapi South Shore Hasil ini membuat sekretaris sekaligus pelatih, Alfred Harold Albut mengundurkan diri dan digantikan James West.

Tugas berat buat West untuk mengangkat kembali posisi Newton Heath namun ambisinya masih jauh dari sasaran. Tahun 1901/1902 tugas manajer dan sekretaris akhirnya dipisah. James West fokus untuk melatih dan memanajeri klub sementara presiden klub dipilahnya William Healey. Akhirnya Newton Heath harus terpuruk selama 8 musim di Divisi 2 dan menanggung utang £ 2.600. William Healey sebagai Presiden klub menyatakan tak mampu membayar utang tersebut dan klub dinyatakan bangkrut oleh pengadilan Inilah akhir hayat dari Newton Heath.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com