Rekor Mourinho di Final Turnamen

BeritaMUFC.com Manchester United akan menghadapi Ajax Amsterdam di final Liga Eropa di mana mereka diwajibkan menang untuk lolos ke Liga Champions musim depan sekaligus meraih trophy ketiga musim ini.


PERHATIAN! Kami telah mendeteksi adanya pelanggaran pidana Hak Cipta berupa pemuatan artikel kami di situs lain tanpa penulisan sumber yang lengkap serta penerapan kaidah yang diperbolehkan secara hukum. Setiap pelanggaran akan kami tuntut sesuai UU No 28 Tahun 2014 Pasal 113 dengan tuntutan maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda 4 miliar rupiah.


Dan fans United memiliki alasan untuk percaya diri dengan rekor mengesankan manajer asal Portugal ini di final. Pasalnya Mourinho memenangkan 11 dari 13 partai final selama dirinya berkarir sebagai pelatih. Tentu saja Mourinho membidik kemenangan ke-12 dari pertandingan ke-14 dirinya di final.

13 final tersebut adalah:

Piala UEFA Porto 3-2 Celtic (2003)

Rasa sukses pertama Mourinho di kompetisi Eropa. Striker asal Brazil Derlei adalah pahlawan malam itu setelah mencetak gol di perpanjangan waktu. Celtic menyerah hanya lima menit sebelum akhir perpanjangan waktu saat Porto menang 3-2 pada akhirnya.

Taca de Portugal Porto 1-0 Leiria (2003):

Kemenangan pertama domestik Mourinho di Taca de Portugal – setara dengan Piala FA Inggris. Sekali lagi Derlei menjadi kunci untuk meraih treble untuk Porto pada tahun 2003 saat ia mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan atas Leiria – mereka juga mengklaim Liga Portugal musim itu.

Taca de Portugal  Porto 1-2 Benfica (2004):

Porto gagal mengklaim gelar Taca de Portugal berturut-turut saat kalah dari saingan berat Benfica 2-1 di final tahun 2004. Sekali lagi, Derlei sempat membawa Porto unggul tapi serangan Takis Fyssas dan Simao memberi Mourinho kekalahan terakhirnya di Porto.

Liga Champions  Porto 3-0 Monaco (2004):

Pertandingan yang benar-benar menempatkan Mourinho menjadi dikenal di dunia. Porto menang atas Monaco yang lebih diunggulkan. Carlos Alberto, Deco dan pemain pengganti Dmitri Alenichev semuanya mencetak gol saat Mourinho merebut gelar Liga Champions pertamanya di sebuah malam bersejarah di Jerman.

Piala Liga Chelsea 3-2 Liverpool (2005):

Mourinho pindah ke Chelsea musim 2004-05 setelah menjalani dua tahun mengesankan di Porto yang menghasilkan lima trofi utama. Dia langsung memenangkan Piala Liga pada bulan Februari di musim pertamanya.

Piala Liga Chelsea 2-1 Arsenal (2007):

Theo Walcott menempatkan Arsenal unggul terlebih dahulu di final Piala Liga kedua Mourinho bersama Chelsea tapi dua gol Didier Drogba akhirnya membawa tim Mourinho juara untuk keduanya.

Piala FA Chelsea 1-0 Manchester United (2007):

Chelsea keluar sebagai pemenang melawan Manchester United di final Piala FA pertama yang diperebutkan di Stadion Wembley yang baru. Dengan Piala Liga yang sudah ada di tangan Mourinho mulai mematahkan peluang United untuk mengklaim dobel gelar. Dan gol Didier Drogba yang menentukan 116 menit sudah cukup bagi Mourinho untuk mengklaim pertama kalinya menjuarai Piala FA.

Coppa Italia Inter 1-0 Roma (2010)

Setelah memenangkan Serie A tahun tersebut, Coppa Italia 2010 adalah sukses berikutnya sebagai manajer Inter. Gol Diego Milito sudah cukup untuk  Mourinho mengangkat trofi ketujuh dalam 10 tahun menjadi manajer.

Liga Champions: Inter 2-0 Bayern Munich (2010):

Setelah mengamankan gelar liga untuk tahun kedua berjalan di San Siro – dia menginginkan treble. Milito kembali mencetak dua gol dalam kemenangan Inter 2-0 atas raksasa Jerman Bayern Munich di Bernabeu.

Copa del Rey Real Madrid 1-0 Barcelona (2011):

Musim berikutnya Mourinho kembali ke Bernabeu, kali ini sebagai manajer Real Madrid. Menghadapi musuh lama Barcelona, Mourinho mengklaim trofi pertamanya untuk klub Spanyol. Mourinho pun berhasil membawa kembali trophy di klub barunya.

Copa del Rey Real Madrid 1-2 Atletico Madrid (2013)

Mourinho tampaknya mengklaim gelar kedua Copa del Rey untuk klub Spanyol itu pada 2013, namun menghadapi rival sekota Atletico di final. Tapi gol Diego Costa dan Miranda membuat Mourinho mengalami kekalahan kedua dan terakhir di turnamen final.

Piala Liga Chelsea 2-0 Tottenham (2015):

Mourinho kembali ke Stamford Bridge pada tahun 2013 dan mengalami musim pertama dengan menjuarai Piala Liga. Kemenangan 2-0 membuat dirinya mengalahkan Tottenham Hosturs lewat gol John Terry dan Diego Costa.

Piala Liga Manchester United 3-2 Southampton (2017):

Mourinho pindah ke Manchester United setelah klub tersebut memecat Louis van Gaal setelah musim 2015-16. Dia langsung membawa United ke final Piala Liga dan dua gol Zlatan Ibrahimovic dan Jesse Lingard membawa kemenangan 3-2 atas Southampton.

Tunggu berita lainnya hanya di beritamufc.com. (Uck)

Sumber gambar http://www.dailystar.co.uk

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com