Sejarah MU (20); Berakhirnya Era Sir Alex Ferguson (2010-2013)

iklan mufc agustus3

 

Setelah berhasil menyamai rekor Liverpool dalam jumlah gelar Liga sebanyak 18 gelar, Sir Alex Ferguson mengincar gelar ke-19. Perginya Cristiano Ronaldo ke Real Marid dan Carlos Tevez menyeberang ke tim tetangga, Man.City sedikit mengurangi kekuatan MU di musim 2009/2010. Antonio Valencia, Gabriel Obertan, dan Michael Owen direkrutnya untuk mengisi posisi yang lowong. Tidak adanya Ronaldo, maka Wayne Rooney yang menjadi tumpuan untuk mencetak gol. Seperti yang sudah diprediksi, MU mengalami kesulitan musim ini. Berawal dari kekalahan adu penalti di Community Shield menghadapi Chelsea. Di Liga Champions MU melaju ke perempatfinal sebelum tunduk di tangan Bayern Munchen. Di Liga MU kalah selisih gol dengan Chelsea yang akhirnya menjuarai Liga. MU hanya berada di peringkat kedua. Demikian pula di Piala FA, mereka takluk di babak ketiga oleh Leeds United 0-1.

Kegagalan di musim 2009/2010 ditebusnya Alex Ferguson di musim 2010/2011. Javier “Chicarito” Hernandez, Chris Smalling, dan Bebe direkrutnya. Berbatov bangkit dan menjadi andalah MU di musim ini untuk mencetak gol, walau di akhir musim posisinya tergusur oleh Wayne Rooney dan Chicarito. Walau gagal di Piala Liga dan Piala FA, mereka berhasil menjuarai Liga dengan selisih 4 poin dari Chelsea. MU akhirnya menjadi klub berpredikat terbanyak menjuarai Liga dengan 19 gelar menyusul Liverpool yang hanya 18 gelar. Kondisi ini seperti yang dijanjikan oleh Alex Ferguson awal dia menangani MU tahun 1986 lalu. Di Liga Champions mereka melaju hingga final sebelum ditaklukkan kembali oleh Barcelona 1-3 di Stadion Wembley. Kekalahan ini juga musim terakhir buat Paul Scholes, Gary Neville, dan Edwin van der Sar yang memutuskan gantung sepatu.

Gelar ke-19 sudah diraih, berikutnya tentu gelar ke-20 yang dicari. Perbedaan terjadi ketika Sir alex Ferguson mulai mempercayakan pemain-pemain muda yang sebelumnya banyak menghuni bangku cadangan. Johny Evans, Darron Gibson, si kembar Rafael dan Fabio, dipadukan dengan Chris Smalling, Tom Cleverley, dan Danny Wellbeck. Belum cukup Sir Alex Ferguson merekrut Phill Jones, David De Gea, dan Ashley Young. Ban kapten yang sebelumnya dipegang Gary Neville kini dibebankan pada Nemanja Vidic, dan Ptrice Evra sebagai wakilnya. MU tampilluar biasa di awal musim dengan kemenangan-kemenangan meyakinkan. 3-2 lawan Manchester City di ajang Community Shield, 3-0 lawan Tottenham Hotspurs, 3-1 lawan Chelsea, 8-2 lawan Arsenal, 5-0 lawan Bolton hingga akhirnya mereka mengalami kekalahan memalukan menghadapi “tetangga berisik” Manchester City yang menjelma menjadi kekuatan baru Inggris dengan skor telak 1-6 di Old Trafford. Persaingan duo Manchester pun dimulai saling menyalip hingga akhirnya nilai mereka pun sama. Perbedaan selisih gol menjadi penentu gelar, dan jelas MU kalah dibandingkan dengan tim tetangganya. Sebenarnya harapan ada ketika di pertandingan terakhir, MU berhasil mengalahkan Sunderland semenetara Manchester City tertinggal 1-2 hingga menit 90. Sayang gol Dzeko dan Aguero di babak perpanjangan waktu membuyarkan 3 menit pesta MU.

Kekalahan menyakitkan dibayar pada musim 2012/2013. Robin van Persie dari Arsenal, Shinji Kagawa dari Borusia Dortmunt, Nick Powell, dan Alexander Butner direkrutnya. Penampilan MU stabil di Liga dengan berintikan Robin van Persie sebagai andalah pencetak gol baru.  Langkah mereka terhenti oleh Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions namun di Liga langkah mereka tak terbendung hingga sukses menjuarai kompetisi ini dengan 20 gelar. Kepastian memperoleh gelar. Alex Ferguson secara mengejutkan mengumumkan pensiun usia musim kompetisi ini. Cara yang cukup bijaksana untuk mundur ketika klub berada di puncak.

Sumber gambar: www.totalfootbal.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com